Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Susunan Struktur Proposal Untuk Kegiatan


Struktur penulisan proposal dapat bermacam-macam.hal ini bergantung pada jenis kegaiatan yang diusulkannya.dalam beberapa aspek,proposal penelitian memiliki beberapa perbedaan dengan proposal kegiatan kemasyarakatan.namun,secara umum berikut bagian – bagian yang sebaiknya ada di dalam proposal kegiatan.

1.Latar Belakang

Dalam bagian ini dikembalikan tentang kejadian ,keadaan atau hal yang melatarbelakangi pentingnya dilaksanakannya kegiatan tersebut.

2.Masalah dan Tujuan

Secara rinci dan spesifik kita perlu menyebutkan masalah dan tujuan-tujuan kegiatan.rumuskanlah tujuan-tujuan itu dengan rasional dan persuasive sehingga yang membacanya tertarik pada tujuan –tujuan tersebut.

3.Ruang lingkup Kegiatan

Kegiatan yang diusulkan harus dijelaskan batas-batasnya.membatasi lingkup persoalan kegiatan,sekurang-kurangnya memberikan dua manfaat.

4.Kerangka Hipotesis

Dalam hal ini dikemukakan telah terhadap teori atau hasil-hasil kegiatan sebelumnya yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan 

5.Metode    

Pada bagian ini,dikemukakan metode kegiatan yang akan dilaksanakan,termasuk teknik-teknik pengumpulan data.

6.Pelaksanaan Kegiatan 

Salah satu factor yang turut diperhitungkan oleh penerimaan proposal adalah susunan personalia dari badan yang menyampaikan proposal tersebut.sebab itu tulikanlah personalia yang dapat diandalkan untuk mengerjakan pekerjaan yang diusulkan itu.

7.Fasilitas                            

Untuk mengerjakan suatu kegiatan diperlukan pula fasilitas fasilitas tertentu.dipihak lain,fasilitas – fasilitas yang ada itu akan lebih menekankan biaya sehingga kalkulasi biaya yang disodorkan akan menjadi lebih murah daripada kalau menyewa dari pihak – pihak lain.

8.Keintungan dan Kerugian

Tentu lebih meyakinkan lagi jika dikemukakan juga keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh dari kegiatan tersebut.hal ini bukan sesuatu yang berlebihan,tetapi untuk meyakinkan penerima proposal bahwa biaya yang akan dikeluarkan tidak akan sia-sia dengan yang akan diperoleh.

9.Lama Waktu

Dalam proposal harus dijelaskan lama waktu kegiatan itu akan diselesaikan.

10.Pembiayaan

Biaya merupakan salah satu topic yang juga sangat diperhatikan penerima usul.namun,bagi badan penerima usul yang baik reputasinya,kualitas pekerjaan merupakan hal yang lebih diutamakan bagaimanapun juga,perincian biaya harus benar-benar digarap dalam proposal ini sehingga dapat meyakinkan penerima usul.

Yang lebih diinginkan agar semua pos pembiayaan diberikan perincian tersendiri.perincian itu dapat dibagi untuk upah,alat perlengkapan,belanja barang,biaya umum,dan sebagainya.

  Untuk lebih jelasnya,perhatikan sistematika proposal berikut

1.Latar belakang

2. Masalah dan Tujuan

    a.Masalah

    b.Tujuan

3. Ruang Lingkup

    a.Objek

    b.Jenis-jenis Kegiatan

4. Kerangka teoretis dan Hipotesis

    a. Kerangka teoretis

    b. Hipotesis

5. Metode

6. Pelaksana Kegiatan

    a. Penanggung Jawab

    b. Susunan Personalia

7. Fasilitas yang Tersedia

    a. Sarana

    b. Peralatan

8. Keuntungan dan Kerugian

    a. Keuntungan- Keuntungan

    b. Kemungkinan Kerugian

9. Lama Waktu dan Tempat Pelaksana

    a. Waktu

    b. Tempat

10. Anggaran Biaya


Post a Comment for "Susunan Struktur Proposal Untuk Kegiatan "