Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penampakan Kendaraan Tempur Pindad Cobra

Untuk diketahui bahwa PT Pindad dan Kementerian Pertahanan telah bersepakat membuat pengadaan 22 kendaraan tempur senilai US$80 juta. Untuk memproduksinya, pabrikan BUMN ini menggadeng perusahaan Czech, Excalibur Army Group dari CzechoSlovak Group.

Pindad Cobra yang merupakan kendaraan tempur jenis panser ini sudah berdatangan dari Czech (Ceko) sejak 4 Februari 2020.

Pindad Cobra diperuntukan bagi Batalyon Infantri Mekanis (Yonifmek), pasukan infanteri termekanisasi yang dibekali pengangkut personel lapis baja (APC) atau kendaraan tempur infanteri (IFV) sebagai kendaraan pengangkut personel tempur.

Berikut ini spesifikasi Panser Cobra
Kubah tempur tanpa awak U30 MK II buatan Elbit System. Elbit System adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan kendaraan dan alat tempur asal Brasil.

Meriam kaliber 30 mm Bushmater MK 44. Panser Cobra menggunakan meriam kaliber 30 mm Bushmater MK 44. Kanon kaliber ini dibuat oleh Northrop Grumman, perusahaan asal Amerika yang memiliki beberapa divisi perusahaan, dari mulai penerbangan sampai dengan penyediaan alat tempur.

Panser Cobra dilengkapi dengan senjata sekunder buatan PT Pindad, yakni SMS 7,62 mm. Varian senapan mesin sedang Pindad ini dioperasikan dengan mekanisme gas operated yang menghasilkan rate of fire 650-1.000 peluru per menit dan jarak efektif 1.000 meter. Pengisian munisi mengadopsi sistem link belt tanpa magasen. Bipod yang terpasang pada bagian depan senjata membantu untuk menstabilkan tembakan. Penggantian laras senjata dapat dilakukan dengan mudah oleh satu orang personil.

Kendaraan tempur Pindad Cobra ini dapat diawaki tiga orang, yakni komandan, pengemudi dan juru senjata. Untuk kabin belakang dapat menampung hingga delapan pasukan bersenjata lengkap dengan muatan bawaan mencapai 8,5 ton.

Untuk bagian luar dari kendaraan tempur cobra menggunakan add-on passive armour buatan Rafael, Israel. Lapisan ini mampu menahan laju munisi SMB kaliber 14,5 mm. Bagian bawah lambung Kobra dilapisi SSAB ARMOX 500 yang sanggup bertahan dari ranjau darat dan IED.

Post a Comment for "Penampakan Kendaraan Tempur Pindad Cobra"